Sabtu, 19 Maret 2011

OBJEK WISATA JOGJAKARTA



Tempat Wisata di Jogja / Yogyakarta
Informasi berbagai tempat Wisata di Jogja / Yogyakarta yang menjadi tujuan favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Segera kunjungi tempat wisata di Jogja / Yogyakarta yang menarik dan mungkin belum pernah Anda jumpai. Ada banyak pengalaman menarik menanti Anda di sini.



Belanja Tradisional
Kota Jogja  / Yogyakarta menawarkan banyak tempat belanja / pusat belanja tradisional yang pastinya Anda cari. Jika Anda ingin mencari tempat belanja  / pusat belanja di Jogja / Yogyakarta, khususnya tradisional, temukan tempat belanja / pusat belanja yang Anda cari di direktori Tempat Belanja - Pusat Belanja di Jogja / Yogyakarta ini
Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo dikenal sebagai salah satu tujuan wisata dan sekaligus merupakan pusat kegiatan perdagangan produk batik Yogyakarta, baik yang berupa kain batik ataupun produk garmen batik lainnya seperti, daster, celana pendek, piyama dll. Harganya pun bervariasi dari yang murah hingga yang mahal tersedia disini. 
Pasar Ikan Higienis
Pasar Ikan Higienis (PIH) merupakan salah satu alternatif tempat tujuan wisata kuliner yang terletak di Jl. Tegalturi kelurahan Giwangan, kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Tempat ini merupakan kawasan wisata untuk pemasaran hasil perikanan hidup, segar dan olahan yang memenuhi standar teknis mutu yang kemudian dikembangkan sebagai pasar rekreatif dengan aneka penyajian rekreasi perkotaan bernuansa ikan segar dan higienis.
Pasar Klithikan
Pasar Klithikan yang terletak di Jl. HOS Cokroaminoto 34 ini, bagi masyarakat Jogja telah menjadi salah satu ikon pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam barang dengan harga cukup murah. Pasar ini terasa lebih hidup dan ramai pada waktu malam hari oleh warung-warung angkringan yang menjual makanan minuman tradisional, kian menambah suasana khas kota Jogja di masa silam.
Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY)
Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) merupakan tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi sebagai salah satu tujuan wisata di kota Yogyakarta. Saat ini PASTY tidak hanya sebagai pusat pengembangan pertanian pola perkotaan, tetapi juga sebagai tempat pengembangan pasar burung yang semula berlokasi di pasar Ngasem.
Pusat Penjualan Buku 'Eks Shopping Center'
Berada di antara Taman Pintar dan Taman Budaya, pusat penjualan buku 'eks shopping center' ini merupakan yang terbesar selain pusat penjualan buku yang ada di Jakarta. Tersedia berbagai buku baru maupun lama yang banyak dibutuhkan pelajar, mahasiswa dan pendidik. Keberadaan pusat penjualan buku ini adalah cerminan Yogyakarta sebagai kota pelajar.


Candi
Candi Candi di Yogyakarta menyimpan banyak cerita tentang perjalanan budaya dan masyarakat terdahulu di Indonesia. Kebanyakan candi di Yogyakarta merupakan peninggalan dari masa Hindu-Buddha atau Klasik Indonesia. Candi merupakan salah satu warisan budaya leluhur selain istana, pemandian/petirtaan, gapura dan sebagainya yang dapat Anda temukan di Yogyakarta, antara lain :
Candi Banyu Nibo
Candi Banyu Nibo yang berarti "air menetes" ini merupakan peninggalan Budha dari abad ke-9, terletak di komplek SKSD Palapa, Piyungan, DIY. Menilik letaknya yang terpencil di tengah persawahan dan rumpun pisang, jauh dari kelompok candi-candi Budha yang lain, menyebabkan sebagian orang menyebutnya "si Sebatangkara Banyu Nibo". 
Candi Barong
Candi Barong terletak di daerah Sambirejo, Prambanan. Candi peninggalan agama Hindu ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-9/10. Halaman candi Barong terbagi atas tiga bagian, semakin ke belakang semakin tinggi. Pada teras ketiga, bagian paling atas, adalah halaman yang paling suci.
Candi Borobudur
Candi Borobodur merupakan candi Budha yang sangat megah dan terbesar di dunia, terletak kira-kira 42 km di sebelah barat laut kota Yogyakarta. Candi Borobudur dibangun antara tahun 750 s/d 850 Masehi, merupakan hasil kerja keras dan ketekunan para pekerja dari kerabat serta rakyat Wangsa Sailendra yang berkuasa pada masa itu.



Candi Kalasan
Candi Kalasan terletak 50 m di tepi sebelah selatan jalan raya Yogyakarta - Solo, km 14 dan kurang lebih 600 m di sebelah barat daya candi Sari. Candi ini merupakan peninggalan Budha yang tertua di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, dibangun pada tahun 778 Masehi sebagai persembahan kepada Dewi Tara.
Candi Kraton Ratu Boko
Candi Kraton Ratu Boko terletak di ketinggian 195,97 m sekitar 3 km arah selatan dari Candi Prambanan dengan luas 2,5 hektar di desa Dawung, Bokoharjo, Prambanan, kabupaten Sleman. Kompleks bangunan candi ini terdiri dari Gapura, sebuah candi pembakaran, Paseban (balai), Pendapa dan kompleks Kaputren (tempat tinggal putri raja) yang disertai tempat pemandian.
Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan peninggalan Hindu abad ke-9 yang terletak sekitar 17 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Candi Prambanan terdiri dari 3 candi utama (bentuknya menyerupai gunungan pada wayang kulit) yang berketinggian 47 m dan dikelilingi oleh candi kecil yang disebut Perwara.
Candi Sambisari
Candi Sambisari ditemukan pada tahun 1966, terletak di desa Sambisari, sekitar 12 km dari Yogyakarta. Berdasarkan penelitian geologis terhadap batuan candi dan tanah yang telah menimbunnya selama ini, candi Sambisari setinggi 6 m ini diketahui terbenam oleh material gunung Merapi dalam letusannya yang hebat pada tahun 1906.
Candi Sari
Candi Sari di masa lampau merupakan sebuah Vihara Budha peninggalan abad ke-8, terletak kurang lebih 2,5 km di sebelah barat kompleks candi Prambanan dan menghadap ke timur. Lokasi Candi ini jaraknya sekitar 15 km dari kota Yogyakarta.




Desa Wisata
Mengunjungi desa wisata di Yogyakarta bisa jadi alternatif pengisi liburan yang menyenangkan. Desa wisata di Yogyakarta adalah perpaduan antara pertunjukan, layanan, dan fasilitas pendukung dalam masyarakat yang menyatu dengan tata-cara dan tradisi kental yang berlaku
Desa Wisata Kasongan
Desa Wisata Kasongan terletak di wilayah Bantul, tepatnya sekitar 7 km dari Yogyakarta. Desa Kasongan sudah sejak lama dikenal sebagai desa penghasil kerajinan gerabah. Gerabah itu sendiri merupakan perkakas yang   terbuat dari tanah liat (lempung), sebagian orang mengenalnya sebagai keramik. Mayoritas warga Kasongan  mempunyai aktivitas rutin membuat aneka kerajinan dan souvenir gerabah yang unik, berbahan baku tanah liat.

Kerajinan gerabah yang dijual di desa wisata Kasongan bervariasi, mulai dari pernak-pernik kecil untuk souvenir
(biasanya untuk souvenir pengantin), hiasan, pot tanaman, lampu hias, patung, furnitur, bunga tiruan dari daun
pisang, perabotan dari bambu, topeng-topengan dan masih banyak lagi. Disini para pengunjung tidak hanya dapat
berbelanja, tetapi juga dapat melihat secara langsung proses pembuatan gerabah dan bahkan belajar membuat gerabah.



Goa
Goa di Yogyakarta, beberapa di antaranya pernah digunakan sebagai markas para pejuang ketika jaman penjajahan. Pemandangan yang indah dan sarat akan nilai-nilai sejarah, menjadikan wisata goa di Yogyakarta layak dijadikan alternatif tempat wisata
Goa Cerme
terletak kira-kira sekitar 15 km dari arah tenggara kabupaten Bantul, Yogyakarta. Panjang goa Cerme seluruhnya kurang lebih 1,2 km. Daya tarik utama wisatawan dari goa Cerme adalah keindahan stalagtit dan stalagmit, serta banyaknya kelelawar di dalam goa selain aliran air bawah tanahnya yang aman untuk kegiatan caving.
Goa Kiskendo
Merupakan goa alam di pegunungan Menoreh yang terletak 1200 m di atas permukaan laut yang berhawa sejuk. Bentuk dan keadaan goa Kiskendo serupa dengan apa yang tersirat dalam legenda istana Kiskendo (yang merupakan fragmen dari cerita Ramayana).


Goa Langse
Goa Langse yang terletak di kaki tebing Parangtritis merupakan tempat tetirah yang terkenal. Dr. Hermanus Johannes de Graaf, ilmuwan Belanda yang mengkhususkan diri dalam pengkajian tanah Jawa, menyebut goa Langse sebagai goa Kanjeng Ratu Kidul. Oleh sebab itu, Goa ini merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh reraja Mataram. Di Goa ini konon pernah bersemedi pula Syekh Siti Jenar maupun Sunan Kalijaga.
Goa Selarong
Goa Selarong adalah sebuah goa yang saat ini merupakan objek wisata dengan pemandangan alam yang indah serta cocok untuk digunakan sebagai bumi perkemahan. Obyek wisata ini berlokasi sekitar 14 km arah selatan Yogyakarta, tepatnya di dukuh Kembang Putihan, kecamatan Pajangan, kabupaten Bantul.
Goa Seropan
Goa seropan terletak di Semanu, Wonosari, kabupaten Gunung Kidul. Goa berkedalaman 7 m ini memiliki air terjun di dalam goa yang membuat goa ini memiliki ciri khas tersendiri, di samping  kumpulan stalagtit dan stalagmit nya yang menakjubkan.



Gunung
Banyaknya daerah dataran tinggi atau gunung di Yogyakarta, menjadikan kota ini memiliki banyak wisata gunung yang menarik. Temukan kesejukan dan keindahan pemandangan dataran tinggi yang alami di berbagai tempat wisata gunung di Yogyakarta :
Gunung Merapi
Gunung Merapi  dikenal sebagai salah satu gunung api teraktif di dunia. Meskipun terlihat garang, namun puncak
gunung ini sangat indah dinikmati, terutama bagi para pecinta alam. Wisata petualangan (trackking) banyak ditawarkan
kepada wisatawan yang ingin menikmati keindahan Yogyakarta dari atas gunung. Gunung ini terletak kurang lebih 30
km di sebelah utara kota Yogyakarta dan puncaknya berupa dataran pasir yang tidak rata.
Puncak Suroloyo
 Puncak Suroloyo , adalah obyek wisata yang terletak di dusun Keceme, desa Gerbosari, kecamatan Samigaluh,
 kabupaten Kulon Progo. Puncak Suroloyo yang berada pada ketinggian 1017 meter diatas permukaan air laut ini,
 menawarkan keindahan panorama khas alam pegunungan.


Museum Monumen
Berbagai museum di Yogyakarta menyimpan bukti sekaligus sebagai saksi bagi sejarah perjalanan budaya Jawa dan kota Yogyakarta khususnya. Banyak hal yang dapat Anda pelajari dari berbagai museum di Yogyakarta. Selain museum, melalui beberapa monumen di Yogyakarta, bukti-bukti sejarah nasional juga turut menjadi lambang kegagahan dan patriotisme bangsa Indonesia
Gedung Agung Istana Kepresidenan Republik Indonesia
Istana kepresidenan ini berada tepat di depan Benteng Vredeburg Jl. Jend. Ahmad Yani Yogyakarta. Gedung bergaya arsitektur kolonial ini pada tahun 1842 sebagai tempat tinggal residen Belanda. 
Monumen Serangan Umum 1 Maret
Monumen Serangan Umum 1 Maret berada di sebelah selatan Benteng Vredeburg dan khusus dibangun untuk memperingati peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta atau lebih dikenal dengan peristiwa 6 jam di Jogja. 
Monumen Yogya Kembali - Monjali
Monumen Yogya Kembali terletak di jalan Yogya - Magelang melalui lingkar utara di desa Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Monjali sendiri adalah singkatan yang sudah dikenal umum dari Monumen Yogya Kembali. Monumen Yogya Kembali merupakan monumen untuk mengenang serangan 1 Maret 1945 dalam merebut kota Yogyakarta dari penjajah Belanda.
Museum Affandi
Gaya lukisan Affandi termasuk dalam aliran ekspresionisme. Almarhum Affandi telah menerima banyak penghargaan dari negara-negara di Asia dan Eropa, di samping gelar Doctor Honoris Causa yang diterimanya di Singapore University.



Museum Batik dan Sulaman
Museum Batik dan Sulaman terletak di Jl. Dr. Sutomo No. 14 Yogyakarta. Berdiri pada tanggal 25 Mei 1977 menempati areal seluas 400m2. Koleksi yang dimiliki beraneka ragam kain batik berupa kain panjang, sarung, selendang, tokwi/taplak dan sebagainya dengan motif gaya Yogyakarta, Surakarta, Madura dan tempat-tempat lain di Indonesia. 
Museum Benteng Vredeburg
Museum yang dahulu merupakan markas pertahanan Belanda ini dibangun pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I atas permintaan Belanda. Tahun 1788 dipugar dan diberi nama Rustenberg yang berarti benteng peristirahatan. Pada tahun 1867, benteng direnovasi kembali akibat gempa bumi dan namanya diubah menjadi Vredeburg yang berarti benteng perdamaian.
Museum Biologi
Museum Biologi dikelola oleh Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada dan terletak di Jl. Sultan Agung No. 22 Yogyakarta. Museum ini diresmikan pada tgl 20 September 1968 dan dibuka untuk umum mulai tgl. 1 Januari 1970.
Museum Dewantara Kirti Griya
Museum Dewantara Kirti Griya atau cukup disebut Museum Kirti Griya, dahulunya adalah kediaman Ki Hajar Dewantara sang Bapak Pendidikan Indonesia yang atas permintaannya sendiri dijadikan sebagai tempat menyimpan berbagai benda, memorabilia dan perabotan miliknya. Museum Kirti Griya terletak di kompleks Perguruan Tamansiswa di jalan Tamansiswa no 31, Yogyakarta.
Museum Dirgantara
Museum Dirgantara menempati gedung di dalam kompleks TNI Angkatan Udara yang berlokasi di daerah Wonocatur, sekitar 10 km dari pusat kota Yogyakarta. Di dalam museum ini, kita dapat menyaksikan pesawat-pesawat dan benda sejarah yang digunakan dalam perjuangan TNI Angkatan Udara, sejak jaman perang kemerdekaan hingga saat ini. 
Museum Perjuangan
Museum Perjuangan didirikan dengan tujuan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda. Terletak di Jl. Kol. Sugiyono 24 Yogyakarta dan diresmikan pada tahun 1961. Bangunan museum sangat unik karena berbentuk Ronde Tempel yang merupakan perpaduan arsitektur gaya Romawi Kuno dan Timur, yang secara simbolis mencerminkan tanggal kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus 1945.
Museum Pusat TNI Angkatan Darat Dharma Wiratama
Museum Pusat TNI Angkatan Darat Dharma Wiratama terletak di Jl. Sudirman No. 75 Yogyakarta. Museum ini berdiri pada tahun 1960 dan dibangun untuk mengabadikan semua cipta, rasa, karsa dan dharma prajurit TNI Angkatan Darat.
Museum Sasana Wiratama Diponegoro
Museum Sasana Wiratama Diponegoro atau biasa disebut sebagai museum Pangeran Diponegoro saja, merupakan bekas rumah Pangeran Diponegoro, seorang bangsawan Kraton Yogyakarta yang dikenal sebagai pahlawan dalam perjuangannya melawan Belanda antara tahun 1825-1830. Lokasi museum ini terletak di daerah Tegalrejo, sekitar 4 km dari pusat kota Yogyakarta.
Museum Sasmitaloka Jenderal Sudirman
Museum Sasmitaloka Jenderal Sudirman yang terletak di daerah Bintaran kota Yogyakarta ini menampilkan penggalan-penggalan kisah sang Jenderal mulai dari masa kanak-kanak di Purwokerto, hingga wafat dan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta. 

Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo terletak di Jl. Trikora No. 6 Alun-alun Utara Yogyakarta. Diresmikan pada tanggal 6 November 1935 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Koleksi museum berjumlah sekitar 43.263 buah dan diklasifikasikan dalam 10 jenis koleksi, antara lain : koleksi Geologika, koleksi Biologika, koleksi Etnografika, koleksi Arkeologika, koleksi Historika, koleksi Numismatika/Heraldika, koleksi Fiologika, koleksi Keramologika, koleksi Seni Rupa dan koleksi Teknologika.

Museum Sonobudoyo Unit II
Museum Sonobudoyo Unit II merupakan perluasan ruang pameran Museum Sonobudoyo yang diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tgl 28 Oktober 1998. Lokasi museum ini terletak di jalan Wijilan Yogyakarta dan menempati bangunan bekas tempat tinggal GKR. Condrokirono istri KPH. Danurejo VII Patih terakhir kraton Jogja.


Museum Ullen Sentanu
Museum Ullen Sentanu didesain dengan menggunakan konsep tradisional dan dibangun dari bahan batu-batu setempat, berlokasi di Kaliurang, di lereng gunung Merapi. Di sini semangat Ullen Sentanu ditemukan di Dalem Kaswargan. Museum yang didesain dengan sangat indah ini dedikasikan untuk menghargai apresiasi masyarakat pada benda-benda sejarah dan seni Jawa serta kecantikan alam yang dijumpai di ketinggian Kaliurang.
Museum Wayang Kekayon
Museum Wayang Kekayon adalah salah satu museum yang menggambarkan sejarah bangsa Indonesia sekaligus kesenian wayang di wilayah Yogyakarta.  Museum Wayang Kekayon didirikan pada 23 Juli 1990 oleh Soedjono Prawirohadikusumo, seorang dokter spesialis kesehatan jiwa. Bangunan museum ini terletak di jalan raya Yogyakarta - Wonosari km 7.


Pantai
Di sebelah selatan kota Yogyakarta, Anda akan menjumpai banyak wisata pantai yang eksotis. Wisata Pantai di Yogyakata yang terdekat adalah Parangtritis. Ada pula pantai-pantai yang alami di wilayah Gunung Kidul, seperti Krakal, Baron, Wedi Ombo dan lain lain. Hembusan angin pantai dan deru ombak yang datang silih berganti tanpa henti, seolah menanti siapa saja yang ingin menyatu dengannya { tempat wisata di Jogja / Yogyakarta }
Gumuk Pasir
Gumuk Pasir atau Sand Dune merupakan sebuah bentukan endapan pantai yang mencapai ketinggian 20 mpl akibat proses angin yang disebut bentang alam eolean (eolean morphology). Gumuk Pasir merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki bentang alam atau memiliki topografi eolean.  
Pantai Baron
Pantai Baron merupakan salah satu obyek wisata pantai terkenal yang berada di propinsi DIY. Di pantai ini terdapat muara sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian. Pada sisi sebelah timur dapat dicapai melalui jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur diman wisatawan bisa beristirahat di gardu pandang. Pantai ini berada di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, sekitar 23 km arah selatan kota Wonosari, Gunung Kidul.
Pantai Depok
Pantai Depok adalah desa pemancingan, letaknya hanya 1 km dari sebelah barat pantai Parangtritis, sebelah timur hilir sungai Opak. Di Pantai Depok kita bisa melihat kehidupan sehari-hari nelayan apabila tidak sedang di laut. Selain menikmati keindahan pantainya, kita juga dapat membeli ikan-ikan langsung dari nelayannya, tentunya harganya jauh lebih murah dari pasar. 
Pantai Krakal
Pantai Krakal merupakan salah satu lokasi wisata pantai yang terletak di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul atau sekitar 38 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini merupakan pantai terpanjang dibanding pantai lainnya dengan bentangan pasir putih yang landai. Pantai Krakal, bentuk pantainya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 km.
Pantai Kukup
Pantai Kukup kaya akan biota laut dan terkenal dengan beragam ikan hias air lautnya (dalam aquarium) yang sangat indah yang dijajakan oleh para pedagang di sepanjang pantai. Selain itu terdapat gua alam yang teduh. Jika di Bali ada Tanah Lot, maka di Gunung Kidul Yogyakarta ada Pantai Kukup, karena mempunyai gardu pandang yang terletak di pulau terpisah. 
Pantai Parangkusumo
Menurut penduduk setempat, pantai Parangkusumo dipercaya sebagai tempat bertemunya Kesultanan Mataram dengan Ratu Pantai Selatan, Kanjeng Ratu Kidul. Setiap tahun tepatnya hari ke-30 dari kalender Jawa bulan Rejeb, berdasarkan perputaran bulan, diselenggarakan ritual sakral di Pantai Parangkusumo. 
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis bukan hanya terkenal sebagai obyek wisata karena keindahan pantainya, tetapi juga menjadi tempat bersejarah karena di pantai ini terdapat legenda misterius ratu pantai selatan yaitu Kanjeng Ratu Kidul yang sering disebut Nyi Roro Kidul.
Pantai Timang
Pantai Timang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Sekitar 3 jam perjalanan dari Yogyakarta. Lokasi yang relatif terpencil dan akses yang sulit, membuat namanya kurang dikenal warga sekitar. Di sisi barat kita dapat melihat pantai dengan substrat berbatu terjal, sedangkan di sebelah timur dapat ditemui pantai berpasir seperti pantai di daerah pantai selatan pada umumnya.




Tempat Rekreasi
Beragam tempat menarik yang dimiliki oleh kota Jogja, terlihat nyata dalam berbagai tempat rekreasi di Jogja. Berbagi canda, tawa dan kegembiraan bersama kerabat dan keluarga Anda di akhir pekan maupun di hari libur, akan terasa lebih menyenangkan { tempat wisata di Jogja / Yogyakarta }
Agrowisata Buah Naga
Perkebunan buah naga ini terletak di perbatasan pantai Glagah. Buah yang menjadi favorit warga Amerika ini sarat akan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satu kegunaan terbesarnya adalah untuk menstabilkan gula darah dan meningkatkan daya tahan serta menjaga kesehatan hati dan jantung.
Agrowisata Kebun Pisang
Kebun Plasma Nutfah Pisang adalah sebuah kebun berbagai jenis tanaman pisang yang terdapat di seluruh Indonesia maupun Mancanegara. Perkebunan ini merupakan tempat pendidikan dan penelitian dari tanaman pisang yang luasnya lebih dari 2,5 hektar. Perkebunan ini terletak sekitar 8 km dari kota Yogyakarta.
Agrowisata Salak Pondoh
Agrowisata Salak Pondoh ini letaknya di desa Bangunkerto, Turi, sekitar 25 km dari kota yogyakarta. Daya tarik dari bidang pertanian ini layak untuk dikunjungi. Melalui Agrowisata ini, kita bisa mengetahui bagaimana salak pondoh ditanam dan diolah menjadi beberapa macam makanan, sekaligus berbebelanja buah salak untuk oleh-oleh
Hutan Pendidikan Wanagama
Hutan Pendidikan Wanagama terletak sekitar 35 km dari pusat kota Yogyakarta. Wanagama dengan luas sekitar 80 hektar merupakan hutan yang dikelola oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, juga merupakan lahan bumi perkemahan dengan daya tampung lebih dari 200 orang.
Hutan Wisata Kaliurang
Hutan Wisata Kaliurang terletak di lereng Gunung Merapi, sekitar 25 km dari kota Yogyakarta. Di obyek wisata ini, kita bisa menikmati pemandangan pegunungan seraya merasakan udara yang sejuk, disertai berbagai fasilitas yang memadai seperti : kolam renang, taman hiburan, arena olah raga, vila-vila, bungalow, pesanggrahan, berbagai sarana penginapan maupun fasilitas untuk keperluan konversi : konferensi, seminar, rapat, dan lain lain.
Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka berlokasi sekitar 4 km sebelah timur Kraton Yogyakarta. Di kebun binatang Gembira Loka yang cukup dekat dengan pusat kota ini, para pengunjung bisa melihat berbagai jenis binatang seperti Gajah Sumatra, Buaya, Ular, Kera, Burung dan masih banyak lagi yang terdapat disini.
Kids Fun
Kids Fun merupakan taman bermain untuk anak-anak dan tempat untuk rekreasi keluarga. Berlokasi di jalan Wonosari km 10, Piyungan, Bantul. Di sini terapat beraneka permainan anak yang ditawarkan sebagai hiburan rekreasi bagi anak dan keluarga.
Lapangan Golf Merapi
Lapangan golf Merapi bertaraf internasional dengan 18 hole, memiliki nuansa yang khas. Berlatar belakang pemandangan Gunung Merapi. Terletak 23 km ke arah utara dari kota Yogyakarta (di jalan Cangkringan, Sleman).
Di daerah ini udaranya dingin dan sangat indah pemandangannya, segar untuk olahraga golf.
Purawisata
Purawisata adalah salah satu tempat rekreasi menarik di Yogyakarta. Berlokasi di jalan Brigjen Katamso, Purawisata memiliki beberapa fasilitas termasuk Taman Wisata Ria, Etnik Cafe, restoran Gazebo, Sendratari Ramayana (Open Air Theatre) dan Garden Jimbaran.
Rumah Domes
Rumah Domes merupakan relokasi rumah korban gempa yang memperoleh bantuan dari Domes for the World, LSM yang khusus menangani rumah Domes, terletak di Sengir, Sumberharjo, Prambanan.
Taman Pintar
Taman Pintar dibangun sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi dalam suasana yang menyenangkan. Terletak di kawasan pusat kota Yogyakarta berdekatan dengan Benteng Vredeburg, Taman Budaya, Istana Negara, Malioboro dan Kraton Yogyakarta yang merupakan pusat bisnis dan budaya di kota Yogyakarta.
Waduk Sermo
Waduk Sermo terletak di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, sekitar 36 km dari Yogyakarta. Waduk ini adalah sebuah tempat wisata yang menarik karena bentuknya yang berkelok-kelok dan dikelilingi bukit yang indah di sekitarnya. Waduk ini merupakan satu-satunya waduk di propinsi DIY yang memiliki luas genangan lebih dari 155 ha.





Wisata Budaya
Kekayaan alam serta tradisi Jawa sebagai warisan budaya leluhur dan sejarah bangsa tercermin nyata dalam berbagai tempat wisata budaya di Yogyakarta. Wisata budaya sangat tepat bagi mereka yang ingin mengetahui asal-usul budaya dan sejarah Yogyakarta sembari  melapaskan segala penat dan lelah dari hikuk pikuk pekerjaan { tempat wisata di Jogja / Yogyakarta }



Wisata Religi

Melalui wisata religi, selain menyegarkan pikiran, kita juga bisa menambah wawasan bahkan mempertebal keyakinan kita kepada Sang Pencipta. Wisata religi dimaknai sebagai kegiatan wisata ke tempat yang memiliki makna khusus bagi umat beragama { tempat wisata di Jogja / Yogyakarta }