Kiat Merencanakan Liburan Keluarga

MEMBICARAKAN rencana liburan memang asyik. Apalagi bila seluruh anggota keluarga turut serta. Antusiasme dapat terus hidup jika perencanaan dilakukan dengan matang. Ini penting agar pada harinya nanti, tak satu pun hal penting terlewatkan. Apa saja sih yang harus disiapkan?

Research
Adakan "penelitian" kecil-kecilan, secara online. Masuklah ke milis travelling dan bertukar pikiran dengan mereka yang berpengalaman dalam merencanakan liburan. Bandingkan harga paket liburan di satu travel agent dengan lainnya.

Tentukan waktunya
Putuskan kapan Anda sekeluarga hendak mengadakan perjalanan. Jika anak telah bersekolah, tunggu hingga liburan tiba.

Lokasi
Putuskan tempat yang akan Anda tuju. Jika usia anak sudah cukup besar, libatkan mereka dalam penetapan tujuan wisata ini.

Alat transportasi
Transportasi apa yang akan digunakan? Jika dengan mobil, jangan lupa memeriksa kondisi mobil Anda secara menyeluruh. Bila menggunakan transportasi umum, pilihlah yang aman dan nyaman. Ingat, jangan terpengaruh harga murah! Keamanan serta keselamatan Anda sekeluarga lebih penting.

Peta anti nyasar
Jika mobil Anda tak dilengkapi sistem GPS, jangan lupa membawa peta. Just in case, Anda bingung rute mana yang harus ditempuh. Jangan pernah malu bertanya agar cepat sampai ke tempat tujuan! Repot kan, hanya gara-gara Anda malu bertanya malah tersesat, anak-anak kelelahan dan sudah tidak bergairah lagi untuk meneruskan perjalanan liburan.

Jadwal kegiatan
Bersiaplah akan situasi tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanan. Putuskan apa saja yang akan dilakukan sepanjang perjalanan oleh tiap anggota keluarga, utamanya anak-anak. Rencanakan jadwal kegiatan yang akan dilakukan. Ajak anak menyuarakan pendapatnya. Dengan demikian anak juga belajar berargumentasi serta berkompromi.

Rincian biaya
Hitung dan tetapkan berapa anggota keluarga yang akan ikut agar biaya perjalanan dapat diperkirakan. Catat rincian biaya yang akan Anda keluarkan. Pastikan biaya sudah termasuk ongkos hotel permalam, biaya makan perorang, transportasi, rekreasi (misalnya tiket ke kebun binatang, berenang, dan sebagainya).

Meskipun ATM tersebar luas, tetap sediakan uang cash untuk membeli bensin, makanan ataupun keperluan mendadak lainnya. Bila Anda akan bepergian ke luar negeri, sebelum berangkat tukarkan uang Anda dengan mata uang yang berlaku di tempat tujuan.

Untuk mengantisipasi agar biaya perjalanan tak melebihi anggaran, Anda dapat mencari alternatif paket diskon yang biasanya menjamur di saat musim liburan tiba. Pilihlah dengan cermat!

Bila tempat tujuan berlibur terdapat rumah saudara atau kerabat dekat yang sudah lama tak dikunjungi, manfaatkanlah! Anda bisa menghemat biaya menginap.

Titip hewan peliharaan
Mulailah mencari tempat penitipan hewan (jika Anda memiliki hewan peliharaan). Bila memutuskan membawa hewan peliharaan, ingatlah bahwa hewan tersebut tidak dapat masuk restoran atau hotel. Beri pengertian pada anak bahwa kucing atau anjing kesayangannya lebih baik dititipkan di tempat penitipan hewan. Tinggalkan nomor telepon Anda pada petugas penitipan untuk berjaga-jaga.

Siap-siap berkemas
Sekarang saatnya mengepak barang bawaan. Bawa pakaian seperlunya, namun jangan lupa membawa 1-2 potong pakaian tambahan untuk berjaga-jaga.

Sesuaikan pakaian dengan cuaca serta keadaan di tempat tujuan. Sebaiknya baju serta perlengkapan masing-masing anak ditempatkan di tas terpisah. Hal ini mencegah barang-barang mereka tertukar dan menghindari terjadinya rebutan antaranak.

Awasi anak
Jangan melepaskan pengawasan Anda terhadap anak. Pastikan semua anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan tetap bersama-sama dalam satu rombongan. Ingat, kejahatan selalu mengintai di mana pun! Jangan sampai liburan Anda anak berakhir dengan petaka ya Moms! Selamat berlibur...

Sumber : http://lifestyle.okezone.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Ujung Genteng

Bagaimana Cara Promosi Bisnis Tour Travel Paling Efektif?

Cara menjadi agen tiket pesawat